Mbakbrewok's Blog

Just another WordPress.com site

Catatan seorang pramudi busway 2

lanjutan pos sebelomnya
Well,abis udh dipanggil lagi dan lolos dari tes koridor malem….fyi tesnya jam 12 malem,ampe kelar,dan yang tersisa cuman 20an orang,besoknya diminta nunggu lagi.
Aku nunggu lagi panggilan,ya ada sih total 3 minggu an baru kelar semua proses wawancara ini,tapi yang bikin jengkel,gak ada kejelasan gaji,gak ada namanya makan pas waktunya tes ngelebihin waktu makan,kaya kita bukan manusia aja gitu.
Abis itu dipanggilah aku,disuruh training 1 bulan ,minggu pertama lingkar badai ,tapi kalo aku bilang lingkar jablay,disini ngikutin pramudi lama,tanpa gaji,tanpa makan,jadi bisa dibayangin kan betapa sengsaranya mau jadi “supir busway” aja.
Abis seminggu lewat baru disuruh nyupir,itu aja juga tanpa gaji dan tanpa makan,jadi cuman ngegantiin supir asli 1-2 rit,ada sih beberapa temen yang udh pengalaman dan kenal orang dalem jadi di minggu pertama udh megang bis sendiri,tapi bagi yg gak pengalaman JªΩgªªªn harap dah,bisa langsung megang bis sendiri.
Nah baru pada minggu 3 aku dikasih jadwal megang busway sendiri,itupun dengan catatan,harus punya jas sendiri,karena jas belom dikasih ama perusahaan,kemeja seragam juga,musti beli sendiri,soalnya perusahaan terlalu pelit untuk ngasih.
Abis 1 bulan berlalu,baru kita dikasih tau 1 bulan yg kita jalanin itu gak digaji,pusing ΒªªªηǤ³³ε†…!!!…jadi gaji itu baru ada di bulan ke 3,yaitu gaji bulan 2,gile bener,pemkot DKI ternyata memperlakukan tenaga kerja begitu,maksudnya operator2 busway nya gak dikontrol gitu,manusiawi gak sih kaya gitu?.
Tapi ada kejutan nih.pas bulan 2 berakhir ,manager personalia bilang,mau ngasih uang lelah bulan 1 dan gaji bulan ke 2 buat kita,​اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنِ,walopun telat pake ΒªªªηǤ³³ε†…!!!,duit nya bisa buat bayar utang ama nyambung idup,akhirnya gaji 1,aku dapet 1.090 juta,dan gaji bulan ke 2 1.290jt,kaget ya??,nyangkanya pramudi busway dapet 5 jt?,​​​:D=))º°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º=)). ,aku juga kaget kok,jadi tenang aja,uang makan dan uang transport per hari 40rb,tapi kita dapet nasi kotak sebungkus setiap harinya,itu kalo nyupir,kalo cuman cadangan dapetnya cuman 20rb plus nasi kotaknya.
Udah kabag nya kalo ngomong asal ngejeplak,heran deh pimpinan tapi gak bisa bikin anak buah damai ,tenteram,betah,tapi dikasarin,di maki2,kaya orang bener aja.
Bisa dibayangin kan?,jadi kalo anak baru kaya aku pas itu dapetnya cadangan melulu,gaji yang aku dapet plus ama tko (uang makan+transport) nggak pernah nyampe 2 jt setiap bulannya,​​​:D=))º°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º=)) ,buat bayar listrik,aer,sekolah anak aku aja udh numpang lewat itu gaji.
Akhirnya,setelah 4 bulan ngejalanin idup kaya gelandangan di busway,nyerah aku,jadwal itu siang ampe malem,pulang jam 12,kadang jam 1 pagi,trus pagi2 jam 4 udah mulai jalan lagi,jadi terpaksa tidur di “mess” ,mess ini ada sambungannya “mess-jid” ,​​​:D=))º°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º=))
Soalnya perusahaan ngga nyediain mess,jadi ya tidur di mesjid,di lantai ubin ,merana ΒªªªηǤ³³ε†…!!! Kan?,diperes tenaganya tapi malem dibiarin aja tidur kaya budak di emperan masjid,pas bulan ke 3 emang perusahaan trus bikin tempat diatas kantor,buat tidur,but guess what??,kantor itu ada di pusat bengkel,jadi kalo malem,debu,klakson,suara mesin,gak ada berentinya,plus masih tidur di ubin juga.
Akhirnya karena “dihajar” saban hari kaya gitu ,aku sakit,kakiku ampe gak bisa jalan,aku 2 minggu ngga masuk,dan aku ngabarin ke kantor,minggu ke 3 aku masuk,aku kasih surat dokter,malah aku kena stop operasi,gara2 si kabag ini sangat otoriter,jadi dia kayanya ada sindrom diktator,yang sangat akut,akhirnya,aku malah bener2 cuekin kerjaan ini,sampe akhirnya mau lebaran,aku dipanggil suruh masuk,ampe lebaran 2-3 aku jalan,demi kelancaran pelayanan umum,tapi apa yang terjadi?,di hari ke 4 aku di stop operasi lagi,dan disuruh menghadap ke bos2 yang gila hormat itu,aku menghadaplah,tapi apa lagi yang terjadi ?,mereka terlalu sibuk untuk nemuin aku,hahahaha ,padahal yang mereka lakuin cuman online facebook,terutama si kabag itu,kerjanya nyariin cewe di facebook.
Aku coba untuk minta gaji plus tko aku,tapi gak keluar,alesannya kudu minta ijin dulu ke personalia,aku nanya personalia,mereka gak bisa ngasih jawaban apa2,akhirnya ya udh ,kerjaan ya aku tinggal gitu aja,karena aku yakin,mereka bukan mikirin gimana pramudi aman,sehat,keluarga juga kecukupan,nggak ΒªªªηǤ³³ε†…!!! ,mereka cuman mikirin gimana perut mrk sendiri,jadi bagi temen2 aku yang baca blog ini,plis…JªΩgªªªn deh buang2 waktu ngelamar jadi pramudi,kecuali udh ada kejelasan mengenai pramudi dari badan layanan umum jakarta atau dari operator2 terkait,karena kalau masih gaji umr seperti ini,wah,untuk hidup jaman sekarang aja pasti cuman tutup lubang gali lobang aja.
※ÖƘ€:)≈¤♣(y)※ÖƘ€:)≈¤♣ ntar aku sambung lagi ya,pengalamanku jadi supir truk buat sea games kemaren di jkt.

catatan seorang mbak brewok

CATATAN SEORANG PRAMUDI BUSWAY

Aku ketrima kerja di busway ini,dengan harapan bisa memperbaiki ekonomi,bisa untuk menghidupi keluarga,bisa dijadiin pegangan iduplah.
Waktu dipanggil pertama kali,diwawancara ama kelengkapan surat2,wah udh ngantrinya lama trus prosedurnya lama ΒªªªηǤ³³ε†…!!!,68 orang .
Abis itu dijanjiin ditelp lg,utk proses selanjutnya,eh aku ditelp lagi,disuruh ke pool jam 8 pagi,boleh percaya boleh gak, jam 8 aku dateng, baru jam 2 siang test dimulai,kl lulus ntar dipanggil lagi katanya.
Ternyata gw lulus,disuruh test kesehatan,pergilah gw ke klinik,ngantri lagi disini dari 68an orang udah cuman kesisa 35an orang.
Abis test kesehatan disuruh nunggu hasilnya lagi,alhamdullilah sehat,dipanggil lagi aku,untuk test nyupir nih,sama lagi jam 8 pagi dipanggil , jam 3an baru ditest,tapi ya udh namanya pengen kerja dengan “gaji gede” aku tahan2in aja.
Udh test nyupir,adalagi test koridor malam,malem2 kita nyupir jalan koridor2 semua,itu akhirnya juga molor,aku dipanggil seharian disana gak ngapa2in,ditunda lagi besoknya begitu terus berulang kali…
bersambung ntar ya,capek

Post Navigation

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.